Wednesday, January 7, 2009

ASAL USUL SAYUR LODEH

Di Jawa sayur ini terkenal dengan hidangan yang bergizi karena berisi dari berbagai sayuran dan rempah2, sayur ini juga akrab disebut "jangan lodeh" (jangan = sayur). Banyak orang menduga bahwa, Sayur Lodeh berasal dari Jawa karena rasa danmodel masaknya sangat khas Jawa. Tapi sebenarnya SEBUTAN Sayur Lodeh itu berasal dari Betawi. Enggak percaya kan ??

Coba simak sejarah SAYUR LODEH berikut ini. Pada masa penyerangan Mataram ke Batavia pada beberapa abad yang lalu, Sultan Agung menggunakan taktik "tarik pasukan" artinya menarik pasukandari berbagai daerah yang dilalui. Beliau mengajak para Jawara Daerahyang dilalui pasukannya untuk bergabung dalam penyerangan ke Batavia,sehingga banyak pasukan yang berasal dari Tegal, Purwokerto, Cilacap,Bandung, Cirebon, Bogor, Betawi dan lain lain.
Namun Pasukan Hindia Belanda memiliki strategi yang jitu. Intinya merekamelumpuhkan basic logistik Mataram dengan membakar Gudang Bahan Makanandan mengancam para Juru Masak di sekitar Batavia untuk tidak membantu Sultan Agung dan pasukannya.

Pada rangkaian penyerangan tersebut, alkisah di belantara Jatinegara (masih merupakan hutan dan rawa-rawa) terdapat 1 kompi pasukan dari Mataram yang sedang kelaparan, dan mereka tidak memiliki bahan makanan apalagi juru masak. Maka mereka mendapat ide untuk memasak sendiri dengan mencampur sayur-sayuran dan bumbu2 yang mereka dapatkan disekitar hutan. Akhirnya mereka memasak dengan sembarangan, apa adanya dan langsung memakannya.
Ternyata campuran2 masakan ngawur2an itu memiliki rasa enak luar biasa. Berikut cuplikan dialog mereka:

Prajurit Jogja : Wah sayure uenaaak tenaaan. Eudiiaaaan.. .Rupane bleketek, jebule maknyuuuus.. .. Enake dijenengke opo yo sayur iki?

Prajurit tegal : Iyak..nyong ngrasa enak yo....Weteng inyong rak kencot maning.

Prajurit Bandung : Tooooos....manggaaa aa atuh....Dikasih nama pisan teh...... Sayur naon atuh jang......?? ?

Prajurit Betawi : Yeee, jangan nanya ama gue dong...... Sape yang masak..elo tanya ama gue lagi..Terserah deh..Sayur ape kek gitu..Terserah lo deh... Sayur sayur lo sendiri yang masak..??? Ya sayur lo deh....!!!

Prajurit Bogor : Apa.... Sayur LO...DEH...? ?

Prajurit Cirebon : Sayur LO DEH...???

Prajurit Jawa: Ya wis ...Ojo podo rame...Ojo tukaran...Mung jeneng sayur wae kok ribut. Sing penting uenaaaak. Nek Bang Bokir ngotot arep ngenehi jeneng Sayur Lodeh....yo wiiiis.....tak terimo...Ngono wae kok repot. Wis saiki sopo sing arep tanduk..?? Ayooo;;;ayoooo. ...mumpung SAYUR LODEHe sih akeh.....Yooo. .... Nek sesok sampeyan podo dipateni londo yo gak pop...Saiki sing penting mangan sayur lodeh.....

Maka sejak saat itu, sayur itu dinamakan SAYUR LODEH.

Begitulah ceritanya asal usul SAYUR LODEH. Tapi sumpah.... Kali ini saya hanya sekedar mengedit dan mengoreksi beberapa kata dan menyusun serta membuat kembali kalimat dialognya saja.

1 comment:

  1. baguslah sudah mula berblog....
    ada juga teman..hehe..

    ReplyDelete